Keranjang Coding : product


?>

Tutorial Cara Menginstall Codeigniter 4





Tutorial Cara Menginstall Codeigniter 4. Dalam kesempatan kali ini matadeveloper ingin membahas mengenai codeigniter 4 yang lagi hangat-hangatnya di perbincangkan di dunia pemograman web saat ini, dimana codeigniter ini harus mengikuti framework PHP lainnya yang update nya sangat cepat dan mempunyai fitur elequent dan migration database yang mendukung pemrosesan-nya. tetapi Codeigniter tidak tinggal diam, versi lama yang sebelumnya yakni Codeigniter 3 yang sudah tidak pernah update lagi dan dianggap framework sudah mati, tetapi codeigniter mengejutkan public para developer pengembangan web yang berhasil merilis Codeigniter 4 versi terbarunya.

Mengapa Perlu Menggunakan Codeigniter?

Menurut situs Resi Codeigniter, CodeIgniter adalah kerangka kerja PHP yang kuat dengan ukuran yang sangat kecil, dibangun untuk pengembang yang membutuhkan toolkit sederhanauntuk membuat aplikasi web berfitur lengkap. Dari penjelasan ini jelas bahwa keunggulan Codeigniter adalah berukuran kecil, lengkap dan powerfull untuk membangun sebuah website skala kecil maupun skala besar.

Spesifikasi yang Diperlukan Untuk Menginstall Codeigniter 4

Menurut dokumentasi situs resmi codeigniter, codeigniter 4 membutuhkan spesifikasi minimal PHP versi 7.2. Bila Anda masih menggunakan versi PHP dibawah  7.2 disarankan untuk melakukan update terlebih dahulu.

Struktur Folder Codeigniter 4

Untuk struktur folder codeigniter 4 ini sangat berbeda dari versi yang sebelumnya. Anda akan melihatnya sendiri. Jangan heran apabila belum pernah mencoba laravel atau YII. Sebab, banyak kemiripan. Anda bisa melihat dengan jelas melalui gambar di bawah ini:

Penjelasan:

Sekedar mengingat versi sebelumnya, Codeigniter 3 memiliki struktur folder utama, yaitu application, system dan user_guide. Mari coba kita hubungkan dengan Codeigniter versi 4 ini.

  • Anda bisa membuka folder app yang dahulunya bernama application. Di dalamnya Anda tetap bisa membuat controller, model, view, library, helper dan lain-lain.

  • Folder system dari segi penamaan tidak berubah, namun secara isi banyak berubah.

  • Public. Folder ini berisi file penting yaitu index.php. Mirip dengan Laravel, file ini yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi.

  • Env. Di sini Anda bisa mengatur database (Codeigniter 3 adanya di config/database.php), production / development, base_url, session, dan lain-lain.

  • Spark. Mirip artisan yang bisa digunakan jika Anda membutuhkan sesuatu semisal menjalankan aplikasi.

Mari kita langsung mencobanya.

Tutorial Install Codeigniter 4

Pastikan Anda sudah memiliki PHP >= 7.2. Jika sudah, ada 2 cara untuk menginstall Codeigniter 4.

1. Download Codeigniter 4 di situs resminya (Manual Download)

Kunjungi :  https://codeigniter.com/en/download

Setelah download, pindahkan file ke folder htdocs (saya asumsikan Anda menggunakan XAMPP, jika bukan, silahkan menyesuaikan saja).

Extract .zip hasil download.

Jika sudah selesai extract, rename folder menjadi matadeveloper(Anda bisa mengubah namanya sesuai dengan keinginan anda).

2. Install melalui composer

Silahkan buka CMD / terminal Anda. Kemudian ketik command berikut:

composer require codeigniter4/framework matadeveloper

Jika sudah, ada 2 opsi untuk menjalankan aplikasi.

Berhubung saya disini memasang 2 xampp dengan penamaan port yang berbeda, untuk yang versi 7.2 ini saya beri nama portnya 8080

Kemudian, buka browser dan kemudian ketik:

localhost:8080/matadeveloper/public

Hasilnya:

Cara Lain, melalui terminal, silahkan ketik:

php spark serve

Kemudian buka browser dan jalankan:

localhost:8080

Hasilnya:

Penutup

Akhirnya instalasi codeigniter 4 sukses dijalankan, semoga teman-teman member matadeveloper bisa mencobanya langsung dan apabila mentok silahkan ditanyakan di kolom komentar.

Oh iya, ada pesan yang perlu disampaikan bahwa kita tidak perlu mendebatkan framework mana yang lebih baik. Kita hanya memerlukan pikiran positif untuk lebih terbuka menerima sesuatu.

Framework hanyalah sebuah tools, sedangkan kita sendiri lah yang menggunakannya untuk apa dan menjadi apa. Framework ini akan baik dan bagus bila digunakan oleh orang yang baik, dan sebaliknya. saya sendiri sudah pernanh mencoba laravel, Yii, dan Codeigniter inilah framework yang saya pakai untuk bekerja, saya kira semua sama saja, tergantung kenyamanan hati kita, intinya framework ini dibangun oeh bahasa pemograman PHP, jadi tak usah pusing pusing mencari mana yang lebih unggul ketimbang framework lainnya. Kedepan nya kita sambung membuat aplikasi dengan Codeigniter 4 ini, jangan lupa teman teman yang mau download aplikasi free silahkan download dan jangan lupa Login terlebih dahulu ya. Sampai jumpa di tutorial berikutnya !!!

Tags : Codeigniter4

Sekilas Tentang Penulis


Kharisma Maulana Pasaribu,ST
Software Engineer | Fullstack Developer | Founder of Matadeveloper.com



Prev Post
Mengenal Tentang Loading Skeleton
Next Post
Cara Menghilangkan public/index.php dari